RESENSI BUKU "TEKNOLOGI PENDIDIKAN"


Judul buku : TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Penulis : Haryanto
Penerbit : UNY Press
Tahun Terbit : 2015
Tebal Buku : 234 hlm

Teknologi pendidikan sebagai sebuah bidang garapan, peran dan fungsinya dalam pembelajaran semakin dibutuhkan. Tanpa teknologi pendidikan, pembelajaran menjadi susah dan tak terarah, pembelajaran menjadi membosankan dan tidak menyenangkan, pembelajaran menjadi primitif dan tidak efektif. Tetapi dengan teknologi pendidikan, pembelajaran menjadi mudah dan terarah, pembelajaran menjadi menyenangkan, pembelajaran menjadi efektif dan tidak primitif.

Perwujudan peran dan fungsinya teknologi pendidikan dalam pembelajaran harus peka terhadap tantangan dan perubahan yang terjadi di masyarakat. Tantangan dan perubahan yang terjadi harus diidentifikasi dan dikaji untuk kemudian dijadikan acuan dalam berbenah dan berubah ke arah yang lebih baik.

Teknologi dalam hal ini tidak terbatas pada teknologi dalam arti perangkat keras tetapi juga perangkat lunak. Sebab teknologi pendidikan sering disalahartikan sebagai pemanfaatan teknologi canggih  dan perangkat keras semata. Keduanya hanyalah bagian kecil dari cakupan bidang teknologi pendidikan. Cakupan teknologi pendidikan meliputi bidang yang luas, mulai dari penciptaan, pengelolaan, pemanfaatan, untuk fasilitas belajar dan peningkatan kinerja.

Buku ini terdiri dari sembilan bab dimulai dari pengertian teknologi pendidikan (TP), landasan filosofi TP, bidang garapan TP, TP dan teori pembelajaran, TP dalam implementasi kurikulum, TP dan pembentukan karakter bangsa, TP dalam kelas, TP dalam masyarakat, dan penelitian dalam bidang TP.

  • Kelebihan
Dari segi desain cover buku ini cukup menarik serta latar belakang gambarnya sangat berhubungan dengan isi pokok pembahasan buku yakni mengenai teknologi pendidikan. Dalam penyusunan bab dan materi pembahasan dalam buku ini cukup sistematis sehingga tidak membuat para pembacanya kesusahan dalam mencari materi yang berkaitan dengan komunikasi khususnya dalam pendidikan.
  • Kelemahan
Dibuku ini perlu adanya glosarium. Penggunaan bahasa dalam buku ini sebenarnya tidak mudah tetapi juga tidak sulit. Hal yang membuat sulit dimengerti yaitu penggunaan bahasa asing atau bahasa ilmiah. Kemungkinan banyak pembaca yang masih awam terhadap kosakata asing.

#RESENSIBUKU #UNY #FIP #TEKNOLOGIPENDIDIKAN

Resource: 
http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.phpp=show_detail&id=8340&keywords=teknologi+pendidikan





Komentar

Postingan populer dari blog ini

FILM PENDEK ASAL YOGYAKARTA LOLOS SELEKSI DI FESTIVAL FILM PERANCIS