FILM PENDEK ASAL YOGYAKARTA LOLOS SELEKSI DI FESTIVAL FILM PERANCIS


Poster Kembalilah Dengan Tenang

Film Kembalilah Dengan Tenang (KDT) garapan sineas asal Yogyakarta lolos seleksi Clermont-Ferrand International Short Film Festival ke 41 di Perancis. Ini satu-satunya film dari Indonesia yang berhasil mengukir tinta emas dalam kompetisi film bergengsi tersebut.

Kembalilah Dengan Tenangmengisahkan tentang duka Santoso (Ernanto Kusuma) dan Wati (Very Handayani) yang kehilangan anak semata wayangnya, Agung (Misbahku Rohim) secara mendadak. Hal itu membuat Santoso berurusan dengan situasi yang serba terbatas saat mengurus jenazah buah hatinya.

Produser KDT Wimba Hinu Satama mengatakan dari 9.238 film dari seluruh dunia yang mendaftar, hanya 76 yang lolos proses seleksi. Dirinya pun sempat tak menyangka bahwa film ini akan berjejeran dengan puluhan karya sineas dari berbagai belahan dunia.

"Rasa kaget bercampur bahagia saya tak cukup hanya di situ. Karena ini juga adalah film pendek pertama yang saya produseri lolos ke festival tersebut, juga sebagai satu-satunya yang lolos perwakilan dari Indonesia umumnya, dan dari Yogyakarta (khususnya)," tutur Wimba dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id.

Foto salah satu adegan Kembalilah Dengan Tenang

Sedangkan proses kreatifnya sendiri, lanjut Reza, telah melalui proses pra produksi selama tiga bulan dan pengambilan gambar selama tiga hari. Penggarapannya pun melibatkan tim Crazyone!!! . Selain itu, Crazyone!!! Films juga menggandeng sineas Fahrul Ayunki sebagai DOP, penata artistik Amin Rosidi, penata musik Yennu Ariendra dan Arib Amrussahal sebagao sound designer. "Ide cerita mengenai premis film ini sebenarnya sudah sejak dua tahun lalu. Proses penulisan skenarionya sekitar setahun lebih. Film ini mendapat dukungan dana dari Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta," tukas Reza.

Untuk diketahui, Clermont-Ferrand International Short Film Festival merupakan salah satu festival film pendek terbesar di dunia. Ajang berkelas internasional ini digagas oleh Clermont-Ferrand University Film Society pada tahun 1979 dan menjadi agenda tahunan hingga kini. Clermont-Ferrand International Short Film Festival ke-41 diselenggarakan pada 1 - 9 Februari 2019 di Clermont-Ferrand, Prancis.



Sumber : medcom.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI BUKU "TEKNOLOGI PENDIDIKAN"